Banaran

Wilayah Kecamatan Tembarak yang merupakan salah satu dari 20 Kecamatan di Kabupaten Temanggung berbatasan dengan : wilayah Barat dengan Kecamatan Bulu, Wilayah Utara dengan Kecamatan Bulu, Sebelah Timur Kecamatan Temanggung dan Sebelah Selatan dengan Kecamatan Tembarak. 
Yang terletak pada Ketinggian tanah rata-rata 676 m dpl dengan suhu antara 30 oC dan 20 oC. Dengan rata-rata jumlah hari hujan 64 hari dan banyaknya curah hujan 22 mm/th. Kecamatan Tembarak luas wilayah 2.684 ha, dengan jumlah penduduk 28.185 orang dan mempunyai 13 desa.

Salah satu dari 13 desa di Kecamatan Tembarak adalah Desa Banaran yang terletak di ketinggian 1.100 m dari permukaan laut dan berjarak 9,6 m dari ibu kota Kecamatan Tembarak dan 10,7 dari ibu kota Kabupaten. Dengan luas 69 ha yang terbagi dalam lahan sawah – ha dan lahan bukan sawah 69 ha. Dari Lahan sawah bukan sawah dipergunakan untuk Bangunan/pekarangan, Tegal/Ladang/Huma dan lahan lainnya.


Desa Banaran terdapat 2 dusun yang terdiri dari 2 Rukun warga (RW) dan 9 Rukun tetangga (RT) dan terdapat 535 Rumah tangga. Jumlah penduduk 1.868 jiwa terdiri dari 974 jiwa Laki-laki dan 894 jiwa Perempuan.

Penduduk usia 10 tahun keatas bermatapencaharian Petani tanaman pangan dan Bangunan. Untuk sumber air minum berasal dari Mata Air. Dan untuk penerangan 405 menggunakan PLN dan 130 menggunakan Listrik Non PLN.

Dalam bidang pendidikan banyaknya penduduk di atas 5 tahun yang Tamat PT/Universitas 2 orang, Tamat Akademi 16 orang, Tamat SLTA/sederajat 45 orang, Tamat SLTP/ sederajat 317 orang, Tamat SD/sederajat 411 orang, Tidak tamat SD – orang, Belum Tamat SD 514 orang dan Belum/ tidak sekolah 57 orang. Untuk sarana pendidikan terdapat 1 unit TK, 1 unit SD, – unit SMP/Mts dan – unit SMU.

Bidang Kesehatan terdapat Prasarana kesehatan – unit Puskesmas, – Puskesmas pembantu, 3 unit Posyandu, 1 unit Polides, – orang Dokter Umum, 1 orang Bidang/Perawat/Mantri, 2 orang Dukun Bayi dan – orang Dukun Pijat.

Tanaman pangan yang dikembangkan di desa ini adalah Jagung. Tanaman sayuran yang dikembangkan berupa Cabe. Buah-buahan yang dikembangkan adalah – . Sedangkan tanaman perkebunan yang dikembangkan berupa Tembakau.

Ternak yang dikembangkan di desa tersebut berupa Sapi dan Kambing/domba.

No ratings yet.

Please rate this